Jumat, 05 Februari 2016

Cara Menciptakan Halaman Di Facebook Untuk Bisnis Online Dan Ukm

Halaman Facebook atau Fanpage FB ialah suatu halaman dari media umum yang dipakai untuk sarana promosi bisnis, komunitas, produk, hiburan, artis, tokoh yang ditujukan untuk memudahkan pengguna Facebook dalam menyukai dan memperlihatkan bantuan kepada penggemarnya.

Media sosial Facebook memiliki banyak pengguna, sehingga perusahaan atau perseorangan banyak yang melirik peluang ini untuk promosi produk bisnisnya. Layanan yang diberikan Facebook ini gratis dengan panel pengelola admin yang sangat mudah.

Lalu bagaimana cara menciptakan halaman di facebook untuk bisnis? Baik untuk bisnis online (blog), online shop, profesional atau ukm. Bisa dibaca lebih lanjut.


Facebook page ini memperlihatkan sisi manfaat bagi kedua belah pihak. Bagi pengemar (likers) Fanspage; mendapat info cepat sesuai tema halaman yang diikuti setiap kali update posting baru. Untuk pemilik halaman facebook; mendapat laba penyampaian gosip kepada audien yang tepat.

Konsep Cara Membuat Facebook Page Untuk Bisnis



  • Riset keyword judul fanpage dengan benar berdasarkan sasaran pasar yang akan dibidik. Posisikan anda sebagai calon pengemar maka akan lebih gampang membayangkan kata kunci apa yang akan dicari di kolom pencarian FB, atau memakai Google Trends, Adwords Keyword Planner dll
  • Manfaatkan kolom pencarian Facebook untuk mengamati pesaing dengan kata kunci yang akan dibidik. Dengan melihat fanpage kompetitior, anda dapat menggandakan apa yang baik dan lengkapi kekurangan untuk menerapkan pada halaman facebook diperusahaan anda.
  • Buat desain cover timeline / foto sampul semenarik mungkin yang menggambarkan apa yang dipromosikan sesuai tema produk. Dengan ukuran cover timeline facebook 851 x 315 pixel, pastikan resolusi gambar desain memiliki kualitas yang baik. Kalau anda mungkin orang yang lemah dalam hal ini, sebaiknya minta proteksi sahabat / jasa desain.
  • Siapkan logo perusahaan pada foto profil, logo sebagai sebuah simbul yang menjelaskan makna dari perusahaan bisnis yang anda kelola. Ukuran standar dari foto profil facebook ialah 180 x 180 pixel. Percayakan pada pembuat logo profesional kalau anda memang bukan andal desain.
  • Promosikan - share Fanspage FB disaat semua telah fix mulai dari pemuatan kata sambutan atas peluncurannya (lounching), pengaturan tabs video, foto, event, hingga pengisian konten yang menarik minat audien. Jangan terlalu terburu untuk share kepada teman, sahabat, keluarga kalau memang kondisi fanspage dalam keadaan kosong.
  • Analisis dan Evaluasi perkembangan halaman Facebook, lakukan update konten secara terpola diwaktu penggemar anda sedang online. Dan analisa keakuratan konten dan minat penggemar. Evalusai perkembangan halaman facebook yang anda buat, sudah berhasil kah berdasarkan sasaran seni administrasi marketing yang anda kehendaki.


Cara Membuat Halaman di Facebook


Sebelum jauh melangkah pada cara menciptakan fanpage, memastikan kalau anda sudah buat akun Facebook. Semakin banyak sahabat yang dimiliki atau group yang diikuti semakin besar peluang halaman FB banyak yang like.

Tahap 1:
Login memakai akun facebook yang anda punya. Setelah itu buka beranda facebook anda, fokus pada pojok kiri bawah pada tab Halaman > Buat halaman

 atau Fanpage FB ialah suatu halaman dari media umum yang dipakai untuk sarana promos Cara Membuat Halaman di Facebook untuk Bisnis Online dan UKM

Tahap 2:
Setelah keluar pembagian terstruktur mengenai yang terdiri dari :

  • Tempat atau Bisnis Lokal
  • Perusahaan, Organisasi atau Institusi
  • Merek atau Produk
  • Artis, Grup, atau Tokoh Masyarakat
  • Hiburan
  • Gerakan atau Komunitas


Pilih dan sesuaikan dengan kategori bisnis yang akan dibuat. Pada pola saya akan menentukan pembagian terstruktur mengenai Merek atau Produk

 atau Fanpage FB ialah suatu halaman dari media umum yang dipakai untuk sarana promos Cara Membuat Halaman di Facebook untuk Bisnis Online dan UKM

Tahap 3:
Pilih kategori produk pada perusahaan anda dan isikan Nama Merek atau Produk, ini ialah judul tampilan halaman yang akan dipublikasikan ke penggemar. Lalu klik tombol Memulai

 atau Fanpage FB ialah suatu halaman dari media umum yang dipakai untuk sarana promos Cara Membuat Halaman di Facebook untuk Bisnis Online dan UKM


Tahap 4:
Selanjutnya anda akan dibawa pada tampilan Pengaturan halaman facebook Pada tab Tentang isikan deskripsi singkat wacana produk halaman anda yang tidak lebih dari 155 abjad usahakan deskripsi pas. Isi url situs web anda, kemudian tuliskan url facebook sesuaikan dengan judul. Baca ketentuan pembuatan nama pengguna khusus halaman Facebook
 atau Fanpage FB ialah suatu halaman dari media umum yang dipakai untuk sarana promos Cara Membuat Halaman di Facebook untuk Bisnis Online dan UKM

Tahap 5:
Pada tab Pemirsa Halaman Pilihan pada kolom pilihan Lokasi tentukan negara pengikut sesuai anda targetkan.

 atau Fanpage FB ialah suatu halaman dari media umum yang dipakai untuk sarana promos Cara Membuat Halaman di Facebook untuk Bisnis Online dan UKM


Tahap 6:
Masih pada tap Pemirsa Halaman Pilihan lalu pilihlah Umur, Jenis Kelamin dan Minat penggemar yang akan dibidik. Klik tombol Simpan

 atau Fanpage FB ialah suatu halaman dari media umum yang dipakai untuk sarana promos Cara Membuat Halaman di Facebook untuk Bisnis Online dan UKM

Tahap 7:
Sebenarnya pada langkah ini halaman facebook sudah berhasil dibuat. Tinggal anda ikuti tahap selanjutnya sesuai yang diarahkan Facebook seperti, menyukai halaman anda sendiri, mempromosikan kepada pengguna FB lain. Tetapi lengkapi konten dahulu dan unggah foto sampul.


Sekian tutorial cara menciptakan halaman di Facebook untuk bisnis online profesional UKM. Semoga dapat membantu untuk perjuangan bisnis anda yang memanfaatkan social media untuk media promosi. Terima kasih telah membaca artikel pada blog tutorial ini.
Disqus Comments